Yuk, berikan mereka sebuah penghargaan kecil!

Saya pernah membaca sebuah artikel, yang menceritakan bagaimana dia menaklukan seorang murid yang begitu bandel, yang membuat pengajar lain takluk dibuatnya dan merasa ‘kapok’ untuk mengajar dikelas tersebut. Yang dilakukannya bukanlah hal-hal yang luar biasa, yang hanya orang-orang tertentu mampu melakukannya, melainkan hanya sebuah tindakan kecil, penghargaan.

Dari artikel tersebut (sayangnya saya lupa lagi link menuju artikel tersebut, maaf) terlihat menakjubkan, sebuah tindakan kecil namun bisa merubah banyak hal.

Saat pertama, yang terlintas hanyalah “waw, keren’, tapi apa itu benar? apa itu mungkin?. Yap, sedikit keraguan, wajar kah itu?. Tetapi kemudian saya ditempatkan pada sebuah kondisi, sebut saja sebuah proyek yang mengharuskan saya beserta tim saya membuat sesuatu sesuai dengan prosedur yang diberikan.

Kami tidak bisa menolak, karena memang itu adalah tugas kami, tetapi pada suatu saat ketika pekerjaan selesai, menunggu masukan/kritik, memperbaiki, hingga menyelesaikan sebuah masalah yang timbul bukan karena kesalahan kami, yang kami dapat dari mereka, adalah sebuah penghargaan kecil, “Thank you for finding them.”

Sebuah kalimat sederhana itu saja, mampu membuat kami merasakan sebuah kepuasan tersendiri, dan saya yakin tidak hanya saya, tetapi tim saya pun merasakannya, dan efek dari kalimat ini adalah, mereka lebih bersemangat lagi untuk menyelesaikan pekerjaan serta mencari solusi untuk setiap masalah yang ada. Luar biasa bukan?

Guru adalah seorang pemimpin, bukan sejenis bos. Dan seorang pemimpin akan memberikan pujian, bukan mengambil pujian (mengambil kredit atas pekerjaan orang lain).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *