Tidak selamanya membuat website itu mahal, tapi tidak juga selalu murah.

Membuat website itu mahal? Saya bilang, itu relatif, kenapa?.

Mahal itu bisa karena client tidak punya cukup budget, murah itu bisa karena client punya banyak budget, ya kan?

Saya cerita sedikit, untuk membuat 1 website, katakanlah company profile, atau mungkin personal website, hal yang dibutuhkan adalah:

  1. Domain
    Dibeberapa penyedia jasa layanan hosting, untuk paket tertentu mereka menyediakan free domain untuk 1 tahun pertama. Domain itu disewa, bukan dibeli, jadi untuk setiap tahun berikutnya, kalian harus bayar ongkos sewa domain.
  2. Hosting
    Harga hosting itu variatif, ada yang murah meriah kemudian mencret gegara pelayanan dari sipenyedianya ga bagus, ada juga yang sedikit mahal dan sedikit mendingan, tapi ada juga yang rada mahal tapi pelayanan begitu memuaskan. Tergantung selera kalian mau pilih hosting yang seperti apa. Saran saya, ketika kalian milih hosting, kalian harus tau dulu target pengunjung, lokal kah? (Indonesia) atau mancanegara?. Dari sini kalian baru tentuin mau sewa server/hosting dengan jaringan Indonesia, atau Luar negri.
  3. Template/Design
    Nah, bagian ini sebenarnya yang lumayan rumit, karena design itu harus relevan dengan tema si website, tujuan dan sebagainya. Beberapa developer banyak yang menggunakan fasilitas template berbayar, jadi dia ga perlu report mikirin design, cukup merubah bagian tertentu yang sesuai dengan permintaan client. Tentunya, dengan cara seperti ini, ongkos pembuatan website itu bisa ditekan lagi, menjadi jauh lebih murah. Tapi, ada limit, ingat, merubah hasil karya orang lain itu tidak semudah merubah hasil karya sendiri!.
  4. Engine(saya menyebutnya begitu)
    Bagian ini tergangung dari website yang ingin dibuild oleh client, dia butuh backend/admin panel atau tidak? kalau butuh, baru bagian ini diperlukan. Beberapa developer kembali menggunakan cara mudah, seperti menggunakan CMS, semua sudah disediakan, dan dari segi designnya juga cukup menggunakan template yang sudah bertebaran diluar sana. Lagi, jika menggunakan CMS, ongkos pembuatan website bisa dikurangi lagi.

Nah, 4 poin diatas itu adalah hal yang minimal yang rasanya perlu kalian ketahui, kalau-kalau ingin sewa developer buat bikin website (BTW, saya menerima lho jasa pembuatan website :D).

Tapi perlu kalian ketahui juga, jangan mentang-mentang kalian sudah tau 4 poin diatas, terus kalian merasa bisa nekan harga semau kalian. Klian tanya dulu ke diri sendiri, mudah ga ngebikin website yang dimau itu? Kalo jawabannya mudah, bikin sendiri aja, jangan ngandelin orang lain. Kalo ngandelin orang lain, ya harus ikut aturan orang lain juga.

Karena masing-masing punya cara sendiri buat ngembangin website, bisa aja dengan menggunakan fasilitas yang ngegampangin kayak diatas, tapi kalian bisa dapetin yang lebih baik dari yang diharepin karena kemampuan depelovernya yang memang sudah ahli dibidangnya. Saya berbagi hal ini, cuma buat kalian biar ga kena tipu, paling enggak, kalian punya gambaran, berapa sih harga minimal ngebuild website dengan tingkat kesulitan yang ga terlalu bikin manyun.

Sekian dari saya, Terimakasih.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *