Matahari terbit dari Barat!

Sedari kecil, kita sudah diajari, bahwa matahari itu terbit dari timur. Apa jadinya jika matahari terbit dari barat? Pasti orang-tua kita berkata dunia kiamat jika seperti itu.

Tapi lain bagi dunia sains, bukan matahari yang terbit dari timur, namun bumi yang berputar mengelilingi matahari, dan matahari itu sendiri hanya diam, dia tidak pernah terbit pun tenggelam, yang bergerak adalah bumi, dimana kita tinggal.

Berbicara mengenai matahari terbit dari barat, hari ini saya mendengarkan sebuah wacana menarik. Yap, sekarang matahari sudah mulai terbit dari barat. Lalu kenapa dunia tidak kiamat? Tunggu dulu, matahari yang saya maksud bukanlah bintang besar di luar angkasa sana, akan tetapi ‘matahari’ dalam makna yang lain.

Seperti kita ketahui, matahari itu bisa dikatakan sebagai kehidupan, benar? Dan pada kenyataannya, kehidupan yang saat ini kita nikmati, sedikit banyak sudah mulai, katakanlah terkontaminasi oleh budaya-budaya barat. Secara tidak langsung, hal ini bermakna bahwa matahari kita sudah terbit dari barat. Setujukah Anda?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *